Panduan Membuat Website

Download File GRATIS

Trainning Invesment On-Line

Loading...
Contact Info :
Jaka Kristanta
Mobile : 081280184752
..........087878260353
Jakarta, Indonesia
Email : yasunagamall@yahoo.co.id


Link into My Facebook

Share on Facebook Jaka Kristanta's Facebook profile

Daftarkan E-mail Anda Untuk Informasi Blog Ini :

Masukkan Email Anda :

Delivered by FeedBurner

Senin, 22 Oktober 2007

Antara pembiayaan syariah & perdagangan berjangka

Jika sebelumnya dibahas mengenai transaksi jual beli dengan akad Bai' as Salam, kini kami akan membicarakan harga tangguh atau sinonim dengan istilah berjangka (futures) dalam sistem perdagangan berjangka.

Berbicara mengenai harga tangguh, tentunya memunculkan dua jenis harga yaitu tunai (cash) yang di dalam sistem perdagangan berjangka disebut harga spot atau harga pasar fisik dan harga tangguh yang dalam istilah perdagangan berjangka disebut harga futures. Ada beda pendapat dikalangan ulama mengenai dua harga ini.

Pendapat pertama dari Mashab Syafii dan Hambali, bahwa transaksi jual beli tersebut akan batal, dengan alasan mengandung unsur gharar (manipulasi) atau berupa ketidakjelasan dalam penentuan harga. Padahal, dalam ketentuan syariah diharuskan adanya kejelasan harga barang.

Pendapat kedua berasal dari Mashab Hanafi, bahwa transaksi jual-beli ardhain tergolong fasad (tidak sahih) karena harga yang menjadi unsur utama dalam transaksi tidak jelas. Namun, transaksi itu menjadi sahih bila pembeli menyetujui salah satu dari harga tunai atau harga berjangka.

Pendapat ketiga dari Imam Malik mengatakan bahwa jual beli tersebut sah karena kedua harga dapat dianalogikan dengan khiyar (hak memilih) yaitu adanya pilihan (opsi) bagi pembeli untuk memutuskan apakah akan melanjutkan transaksi atau tidak.

Para ulama juga sependapat bahwa harga berjangka seharusnya lebih tinggi dari harga sekarang (spot price), karena adanya biaya-biaya. Pendapat ini sudah difatwakan para ulama setelah zaman Khalifah Rasyidin, di antaranya Imam Ali Zainal Abidin cicit dari Sayyidina Hasan Bin Ali Bin Abi Thalib.


Harga tangguh ini cukup sensitif, mengingat bila tidak dipahami secara mendalam, akan membuat aplikasinya menjadi haram karena mengandung unsur riba.

Harga futures dalam sistem ekonomi kapitalis hampir dipastikan terkait dengan perhitungan bunga sebagai opportunity cost dan terkait dengan nilai waktu uang, sementara Islam tidak mengenal nilai waktu uang.

Oleh karena itu, agar kontrak berjangka memenuhi ketentuan syariah, maka harus lebih dulu dihilangkan unsur bunga dalam komponen carry cost, dan hanya memperhitungkan biaya simpan, asuransi (syariah) dan margin keuntungan yang diharapkan.

Para ulama dan cendekiawan muslim juga bersikap hati-hati mengenai harga tangguh, mengingat ada suatu kebiasaan praktik ijon di masyarakat yang juga menggunakan harga tangguh, namun sama sekali tidak sesuai dengan syariah dan cenderung merugikan pihak penjual.

Sebenarnya Bai' as Salam ataupun kontrak berjangka sangat berbeda dengan ijon. Sebab pada ijon, barang yang diperjualbelikan tidak memiliki spesifikasi yang jelas, tidak diukur dan ditimbang secara jelas dan spesifik. Spesifikasi pihak pembeli dalam hal ini tengkulak memiliki posisi tawar yang lebih kuat.

Pihak penjual tidak dapat melepas dengan mudah karena keterikatan kontrak.

Sementara itu, Bai' as Salam mensyaratkan adanya kepastian mengenai spesifikasi barang, dan ini semua terpenuhi dalam suatu produk kontrak berjangka komoditas.

Kontrak berjangka komoditas justru mengatur lebih terinci tentang barang yang ditransaksikan, menurut Undang-Undang No.32/1997 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi, telah didefinisikan kontrak berjangka adalah suatu bentuk kontrak standar untuk membeli atau menjual komoditas dalam jumlah, mutu, jenis, tempat, dan waktu penyerahan di kemudian hari yang telah ditetapkan.

Hal ini sesuai dengan Al Hadis riwayat Ahamad Bin Hambal dan Al Baihaqi dari Ibnu Mas'ud,"Jangan kamu membeli ikan dalam air, karena sesungguhnya jual beli yang demikian itu mengandung penipuan."

Kontrak berjangka merupakan salah satu produk yang ditransaksikan di bursa berjangka, karenanya setiap pihak memiliki posisi tawar (bargaining position) yang sama, tidak ada yang dominan dan tidak ada pihak yang mengalami tekanan.


sumber : http://web.bisnis.com/edisi-cetak/edisi-harian/valas-komoditas/1id25557.html

Antara pembiayaan syariah & perdagangan berjangkaSocialTwist Tell-a-Friend

1 komentar:

Ardi Pramono mengatakan...

Terus gimana hukumnya trading emas index, halal kah ?

Share/Save/Bookmark LeftHit Indonesia TopOfBlogs

Surprise bonus!

I've been able to get you FREE Lifetime Membership in Instant Squeeze Page Generator - the one site where you can build killer squeeze pages with a click and play wizard! They even give you multiple choices of free gifts you can use to make that special offer to get subscribers... But it wasn't easy - and it won't last forever!

Claim your free membership now!

Dan ini mungkin cocok buat Anda ... atau InstantBonusPage

atau

Click here to get ListBuilding123

versi bahasa indonesia klik disini !

Brand this free report with your affiliate links and give it away to your subscribers, post it on your blog, submit it to PDF directories, or give it away in forums.

Click here to Download

atau klik banner berikut :

atau ViralEbookExplosion atau atau Formula Bisnis - Sistem Mesin Uang Otomatis - SMUO Cara Jitu Raih Income Dari Internet Hingga Milyaran Rupiah Cukup Dengan 2 Jam Perhari. Jika Anda Bisa Mengetik dan Mengakses Internet, Anda Sudah Memiliki Syarat Awal yang Cukup Untuk menghasilkan Uang Melimpah dari Internet... Hanya Jika Anda Tahu Caranya! Disini diungkap, Cara jitu bagaimana mengubah kondisi finansial anda dengan cara sederhana, yang tidak pernah anda bayangkan sebelumnya! Setelah anda membaca informasi ini, anda akan temukan RAHASIA meraih INCOME MELIMPAH... dari internet! dari bisnis sederhana yang dijalankan di depan komputer, dimulai dengan modal kecil untuk menjalankannya, hanya dengan bekerja 2 jam sehari, tidak perlu lama-lama, tanpa perlu meninggalkan anak dan istri tercinta, dan bisnis berjalan secara otomatis! Formula Bisnis - Sistem Mesin Uang Otomatis - SMUO Masukkan nama & email anda di sini dan dapatkan BONUS Cara Jitu Raih Income Dari Internet.
First Name:
E-Mail Address:
Saya tertarik untuk bagaimana mendapatkan tips traffic website saya ..
Secara berkala anda akan menerima email informasi seputar Income Dari Internet. Bagi Anda yang sudah pernah berkunjung, Silahkan KLIK DISINI ! Formula Bisnis - Sistem Mesin Uang Otomatis - SMUO atau Autoresponder Pintar atau

"Do You Really Want to Learn How to Write Million Dollar Sales Letters?"

atau "Discover How Your 'Exit Traffic' Can Tell You Exactly How To Increase Your Sales, Get More Subscribers, & Explode Your Profits... Literally Overnight!"
atau "Auto-mail 75 Million Targeted Opt-In Prospects Every Month Using The Worlds Most Astonishing "Set And Forget" Technology!!"

MyBlogLog Community

FEEDJIT Live Traffic Map

My Favorites

For Your Information

Get FREE traffic, leads, and sales
without advertising and without ever
creating a product of your own .............. more>>


Introducing .. 30 Niche mini-site
template, guaranted to make
your site pop. and stand out from
pack .......................................................... more>>

Discover how your "exit traffic" can
tell you exactly how to increase
your sales, get more subcribes, and
explode your profit .................................. more>>


Do you really want to learn
how to write Million Dollar
Sales Letter ..............................................more>>


Jika Anda Bisa Mengetik dan
Mengakses Internet, Anda
Sudah Memiliki Syarat yang
Cukup untuk Menghasilkan Uang
Melimpah dari Internet......................... more>>


Do you have an online business or
product that just hasn't taken off
like you thought it should ?
or like you were told it would ?
We can dramatically IMPROVE
any business !! ....................................... more>>





Kesehatan Kebugaran

Joint ! Free Web Domain & Hosting, Directory

CO.CC:Free Domain

Bagaimana Cari Uang ?

Adsense Indonesia

RAUP DOLLAR