Panduan Membuat Website

Download File GRATIS

Contact Info :
Jaka Kristanta
Mobile : 081280184752
..........087878260353
Jakarta, Indonesia
Email : yasunagamall@yahoo.co.id


Link into My Facebook

Share on Facebook Jaka Kristanta's Facebook profile

Daftarkan E-mail Anda Untuk Informasi Blog Ini :

Masukkan Email Anda :

Delivered by FeedBurner

Sabtu, 08 September 2007

Praktik Naked Short Selling Akan Dilarang


Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam–LK) akan melarang praktik naked short selling atau menjual saham terlebih dahulu sebelum memilikinya. Ketentuan tersebut akan dituangkan dalam aturan Bapepam yang diterbitkan dalam waktu dekat.

“Tidak boleh melakukan naked short selling karena itu akan merusak pasar. Pelaku transaksi baru boleh short selling setelah memiliki saham,” tegas Ketua Bapepam-LK Fuad Rahmany kepada Investor Daily di Jakarta, pekan lalu.

Fuad menjelaskan, short selling pada dasarnya adalah praktik menjual saham di muka tanpa perlu memiliki saham terlebih dahulu. Namun, secara rinci short selling terbagi dalam dua jenis, yakni naked short selling dan covered short selling . Naked short selling adalah menjual saham lebih dahulu tanpa memiliki saham, sedangkan covered short selling adalah menjual dengan memiliki kolateral atau persediaan terlebih dahulu.

“Itu sebabnya yang kami membolehkan covered short selling ,” kata Fuad. Dia mengakui, beberapa kasus kejatuhan pasar saham di Bursa Efek Jakarta (BEJ) belakangan ini ditengarai sebagai akibat aksi naked short selling . Pasalnya, pelaku yang berspekulasi menjual saham di harga tinggi dengan harapan bisa membeli kembali untuk kebutuhan penyelesaian transaksi ( settlement ) justru mengakibatkan kejatuhan harga saham yang bersangkutan.

“Pasar bisa rusak karena semua orang mau menjual di harga tinggi, dengan harapan dapat beli kembali di harga murah. Nah, kalau semua orang berpikir sama pada satu kesempatan sama, ini merusak pasar. Maka perlu diatur lebih teknis,” kata Fuad. Untuk itu, Bapepam mengharpkan peran self regulatory organization (SRO), yakni BEJ, Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menata teknis pengaturan covered short selling .

Pengaturan tersebut meliputi tata-tertib transaksi baik terhadap naked maupun covered short selling .
“Kami harapkan SRO yang lebih paham di front liner menyusun aturan teknis sehingga klop dengan aturan umum yang diterbitkan Bapepam,” kata Fuad.

Fasilitas PME

Sementara itu, Dirut Kliring Penjamin Efek Indonesia (KPEI) Inarno Djajadi mengatakan, lembaganya siap mendukung ketentuan Bapepam tersebut. Pasalnya, covered short selling yang ditetapkan Bapepam bisa didukung dengan fasilitas pinjam meminjam efek (PME) yang saat ini tersedia di KPEI.

“Pinjam-meminjam efek di KPEI saat ini siap mendukung ketentuan Bapepam. Artinya, salah satu infrastruktur pendukung praktik covered short selling sudah tersedia. Ketentuan Bapepam itu tidak dimulai dari nol,” kata Inarno.

Dia menjelaskan, kebutuhan saham dalam covered short selling adalah murni untuk kolateral guna mengantisipasi kegagalan settlement , manakala pelaku transaksi short gagal mendapatkan saham setelah terlanjur menjual di muka.

Selain itu, covered short selling bisa meredam tekanan jual yang berlebihan mengingat pelaku tidak dapat mengambil posisi short melampaui kolateral yang tersedia.

“Pelaku bisa pinjam ke KPEI atau antarpelaku yang sahamnya tersedia di kustodian dan diawasi KPEI,” kata Inarno.

Secara terpisah, Dirut BEJ Erry Firmansyah menyatakan akan menyiapkan perangkat aturan teknis terkait covered short selling . Selain itu, persiapan mencakup aspek teknologi informasi (TI) yang memudahkan pengawasan praktik transaksi tersebut.

“Kami tentu yang menyiapkan aturan teknis, dan lebih dari itu infrastruktur TI perlu dipersiapkan secara baik,” kata dia.

Sedangkan Dirut KSEI Ananta Wiyogo mengatakan, lembaga kustodian siap menyempurnakan sistem TI yang ada agar dapat memantau praktik covered short selling .

“Karena ada persediaan atau kolateral saham, maka KSEI sebagai lembaga penyimpan perlu memastikan ketersediaan itu. Dan, itu harus didukung oleh sistem TI yang baik,” kata Ananta.

Sumber : Selasa, 4 September 2007 21:35:00
JAKARTA , Investor Daily

Jaka Kristanta

My Photo
Praktik Naked Short Selling Akan DilarangSocialTwist Tell-a-Friend

Tidak ada komentar:

Share/Save/Bookmark LeftHit Indonesia TopOfBlogs

Surprise bonus!

I've been able to get you FREE Lifetime Membership in Instant Squeeze Page Generator - the one site where you can build killer squeeze pages with a click and play wizard! They even give you multiple choices of free gifts you can use to make that special offer to get subscribers... But it wasn't easy - and it won't last forever!

Claim your free membership now!

Dan ini mungkin cocok buat Anda ... atau InstantBonusPage

atau

Click here to get ListBuilding123

versi bahasa indonesia klik disini !

Brand this free report with your affiliate links and give it away to your subscribers, post it on your blog, submit it to PDF directories, or give it away in forums.

Click here to Download

atau klik banner berikut :

atau ViralEbookExplosion atau atau Formula Bisnis - Sistem Mesin Uang Otomatis - SMUO Cara Jitu Raih Income Dari Internet Hingga Milyaran Rupiah Cukup Dengan 2 Jam Perhari. Jika Anda Bisa Mengetik dan Mengakses Internet, Anda Sudah Memiliki Syarat Awal yang Cukup Untuk menghasilkan Uang Melimpah dari Internet... Hanya Jika Anda Tahu Caranya! Disini diungkap, Cara jitu bagaimana mengubah kondisi finansial anda dengan cara sederhana, yang tidak pernah anda bayangkan sebelumnya! Setelah anda membaca informasi ini, anda akan temukan RAHASIA meraih INCOME MELIMPAH... dari internet! dari bisnis sederhana yang dijalankan di depan komputer, dimulai dengan modal kecil untuk menjalankannya, hanya dengan bekerja 2 jam sehari, tidak perlu lama-lama, tanpa perlu meninggalkan anak dan istri tercinta, dan bisnis berjalan secara otomatis! Formula Bisnis - Sistem Mesin Uang Otomatis - SMUO Masukkan nama & email anda di sini dan dapatkan BONUS Cara Jitu Raih Income Dari Internet.
First Name:
E-Mail Address:
Saya tertarik untuk bagaimana mendapatkan tips traffic website saya ..
Secara berkala anda akan menerima email informasi seputar Income Dari Internet. Bagi Anda yang sudah pernah berkunjung, Silahkan KLIK DISINI ! Formula Bisnis - Sistem Mesin Uang Otomatis - SMUO atau Autoresponder Pintar atau

"Do You Really Want to Learn How to Write Million Dollar Sales Letters?"

atau "Discover How Your 'Exit Traffic' Can Tell You Exactly How To Increase Your Sales, Get More Subscribers, & Explode Your Profits... Literally Overnight!"
atau "Auto-mail 75 Million Targeted Opt-In Prospects Every Month Using The Worlds Most Astonishing "Set And Forget" Technology!!"

MyBlogLog Community

FEEDJIT Live Traffic Map

My Favorites

For Your Information

Get FREE traffic, leads, and sales
without advertising and without ever
creating a product of your own .............. more>>


Introducing .. 30 Niche mini-site
template, guaranted to make
your site pop. and stand out from
pack .......................................................... more>>

Discover how your "exit traffic" can
tell you exactly how to increase
your sales, get more subcribes, and
explode your profit .................................. more>>


Do you really want to learn
how to write Million Dollar
Sales Letter ..............................................more>>


Jika Anda Bisa Mengetik dan
Mengakses Internet, Anda
Sudah Memiliki Syarat yang
Cukup untuk Menghasilkan Uang
Melimpah dari Internet......................... more>>


Do you have an online business or
product that just hasn't taken off
like you thought it should ?
or like you were told it would ?
We can dramatically IMPROVE
any business !! ....................................... more>>





Kesehatan Kebugaran

Direktori Bisnis Indonesia

Joint ! Free Web Domain & Hosting, Directory

CO.CC:Free Domain

Bagaimana Cari Uang ?

Adsense Indonesia

RAUP DOLLAR